Simulasi Digital
Kelas X
Microsoft
PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam
bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi
presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa
membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut
dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Dennis
Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program
ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan
Forethought. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi
aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word
dan Excel.
Kelebihan Microsoft Power Point
1)
Memudahkan Pengguna Membuat Slide
Presentasi
2)
Dilengkapi Beragam Tools
3)
Template Bervariasi
4)
Dapat Diexport ke PDF
5)
Memiliki Fitur Kolaborasi
6)
Terdapat Fitur Cloud Service
7)
Fitur Authoring Sangat Advanced
Kelemahan Microsoft Power Point
1.
Hanya Bisa Digunakan Pada Platform
Microsoft
2.
Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap
Versi
3.
Harga Terlalu Mahal
4.
Tergolong Program yang Berat
• New
Slide : Menyisipkan
slide yang baru.
• Layout
: Menentukan tata letak slide
• Font
: Memilih jenis huruf
• Font
size :
Memilih ukuran huruf
• Grow
font : Menaikkan atau memperbesar ukuran
huruf (karakter)
• Shrink
font : Menurunkan nilai
ukuran atau nilai karakter
• Clear
Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks
• Bold
: Memberikan efek cetak tebal
• Italic
: Memberikan cetak miring
• Underline
: Menampilkan cetak garis bawah
• Strikethrough
: Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal
• Shadows
: Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
• Character
Spacing : Mengatur jarak antar karakter
• Change
Case : Mengubah huruf dengan fasilitas Case
• Font
Colour : Memberi warna pada huruf
yang dipilih
• Quick
Styles : Memilih bentUk tampilan objek yang
telah tersedia
• Shape
fill : Memberi
warna pada objek
• Shape
Outline : Memberi warna pada bingkai objek
• Shape
effects : Memberi efek pada objek
• Table
: Membuat atau menempatkan table pada slide
• Picture
: Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Clip
Art
: Menyisipkan gambar pada slide presentasi
• Shapes
: Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik
dan indah
• Smart
art
: Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
• Chart
: Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide
• Hyperlink
: Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain
• Text
box
: Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
• Header
and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
• Word
art
: Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
• Date and
Time : Menempatkan atau menyisipkan tanggal
dan waktu pada slide
• Movie
: Menyisipkan movie pada slide
• Sound :
Menyisipkan suara pada slide
Group Designs
• Page
setup :
Mengatur ukuran slide
• Slide
Orientation : Mengatur orientasi slide
• Themes
: Menampilkan slide presentasi lebih menarik
• Background
Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
Groups Animation
• Preview :
tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan
untuk slide Anda.
• Animations
: Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari
animate dan custom animations.
• Transition
to This Slide : untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda
buat.
Groups Slide Show
• From
beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi
awal hingga akhir slide
• From
current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang
sedang dipilih hingga akhir slide
• Custom
slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
• Set up
slide show : Mengatur tampilan slide
• Hide
slide
: Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
• Rehearse
Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan
waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang
telah ditentukan
Groups Review
• Proofing
: digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di
slide.
• Comments
: Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
• Protect
: Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
Groups View
• Normal
: Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada
slide tersebut
• Slide
Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk
miniature
• Notes
Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari
setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan
dari setiap point atau bagian pada slide
• Slide
Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan
ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
• Ruler :
Menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
• Zoom
: Menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
• Fit to
Window : Menentuan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan
dengan jendela Power Point
Groups
Format
• Adjust
: Menghasilkan tampilan objek gambar yang lebih menarik
• Picture
styles : Memilih gaya tampilan objek gambar
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut
Kewargaan Digital
Kewargaan digital adalah norma
perilaku jujur, bertanggung jawab, dan peduli terkait dengan pemanfaatan
Informasi dan Teknologi Komunikasi (ICT) secara bersama. Kewargaan digital
adalah konsep yang memberikan penyadaran penggunaan teknologi informasi di
dunia maya secara bertanggung jawab dengan baik dan benar. Hal ini memiliki
banyak implikasi, di antaranya pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi,
tidak menyinggung pihak lain dalam memutakhirkan (update) status, tidak
menyebarkan ujaran kebencian dan SARA, tidak membuka tautan yang mencurigakan,
dan sebagainya.
Kewargaan
Digital (Digital Citizenship)
• Konsep
Kewargaan Digital
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat menghindari
diri dari kebergantungan pada orang lain. Setiap kali seseorang berinteraksi
dengan orang lain, dia harus menjaga etika bersosialisasi. Dalam kehidupan nyata,
seseorang wajib menghormati privasi, hak, dan kewajiban, serta kepantasan atau
norma yang berlaku. Perilaku serupa wajib diterapkan saat menggunakan
teknologi komunikasi dalam jaringan (daring).
Berdasarkan
tindakannya kategori warga digital dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
• Memberikan
dampak positif bagi orang lain
• Menimbulkan
efek negatif
Komponen Kewargaan Digital
Gangguan Teknologi Informasi
1.
Back door
2.
Trojan horse
3.
DoS (Denial of Service)
4.
Virus
Menggunakan
Internet dengan Aman
a.
Lindungi perangkat dan akun terhadap upaya orang lain secara ilegal yang dapat
merugikan dengan cara sebagai berikut.
• Perbaharui
perangkat lunak (termasuk web browser) secara otomatis.
• Pasang
antivirus dan perangkat lunak antispyware.
• Jangan
pernah mematikan firewall.
• Jika
membagikan wirelless, gunakan password.
• Gunakan
flash drive dengan hati-hati.
• Pertimbangkanlah
sebelum membuka lampiran atau alamat/situs tertentu yang dikirimkan melalui e-mail
atau pesan singkat jejaring sosial, meskipun mengetahui pengirimnya.
• Kuncilah ponsel dengan password/pin
untuk mencegah orang lain membuat panggilan, SMS, atau mengakses
informasi pribadi.
b.
Jadilah seorang yang baik
• Perlakukan
orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
• Bersimpatilah
terhadap teman-teman, jangan hanya menjadi pengamat.
• Jangan
membagikan informasi pribadi orang yang dikenal tanpa izin mereka,
• misalnya
rekan dan anggota keluarga.
c.
Berbagilah dengan hati-hati
d. Bergabung
dengan cerdas, jujur, dan berhati-hati.
• Intimidasi
Siber (Cyberbullying)
Intimidasi
(Bullying) adalah perilaku agresif yang tidak diinginkan di kalangan anak
usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan. Intimidasi mencakup
tindakan seperti membuat ancaman, menyebarkan informasi palsu, menyerang
seseorang secara fisik atau verbal, dan mengucilkan seseorang dalam kelompok.
Perilaku ini diulang, atau berpotensi untuk diulang, dari waktu ke waktu kepada
korban yang dianggap lemah.
• Intimidasi
verbal, yaitu dengan mengatakan atau menuliskan suatu hal yang
bermakna tertentu. Intimidasi verbal meliputi menggoda, memberikan panggilan
nama, mengomentari yang tidak pantas, mengejek, dan mengancam.
• Intimidasi
sosial, yang terkadang menyakiti reputasi atau hubungan
seseorang. Intimidasi sosial meliputi meninggalkan seseorang dengan sengaja,
mengatakan kepada siswa lain untuk tidak berteman dengan seseorang, menyebarkan
rumor tentang seseorang, dan memalukan seseorang di depan umum.
• Intimidasi
fisik, yaitu perbuatan menyakiti tubuh atau harta benda
seseorang. Intimidasi fisik meliputi menekan/menendang/menjepit/mendorong,
meludah, mengambil atau menghancurkan barang seseorang, dan gerakan lainnya
dengan kasar yang disebabkan anggota tubuh.
• Intimidasi
siber (cyberbullying) adalah pemanfaatan teknologi untuk
melakukan segala bentuk gangguan guna merendahkan martabat atau pelecehan
kepada seseorang. Intimidasi siber adalah segala bentuk gangguan yang dilakukan
pelaku atau korban berusia kurang dari 17 tahun dan belum dianggap
dewasa secara hukum. Namun, apabila salah satu pihak yang
terlibat (atau keduanya) sudah berusia di atas 17 tahun, maka kasus tersebut
dikategorikan sebagai kejahatan siber (cyber crime) atau pelecehan siber
(cyberharassment).
• Meskipun
konten CC tidak dikenakan biaya ketika digunakan, tetapi harus mengikuti
aturan-aturan tertentu. Orang-orang yang memilih menggunakan CC dapat memilih
salah satu atau lebih dari lisensi ini berlaku untuk pekerjaan mereka.
• Attribution: harus
mencantumkan nama pembuat jika ingin menggunakan, menyalin, atau berbagi
konten.
• Non
Commercial: tidak boleh membuat keuntungan dari konten.
• No
Derivatives: tidak boleh mengubah konten.
• Share
Alike: dapat mengubah konten, tapi harus membiarkan orang lain
menggunakan karya baru dengan lisensi yang sama seperti aslinya.
Dengan kata lain, tidak dapat menetapkan
hak cipta, meskipun banyak yang diubah
• Bebas
digunakan ulang: Memungkinkan Anda untuk menggandakan atau
menyebarkan kembali gambar, namun tidak untuk mengubah dan menggubahnya.
• Bebas
digunakan ulang dengan modifikasi: Memungkinkan Anda untuk
menggandakan dan menyebarkan kembali, sekaligus mengubah dan menggubah gambar yang
ditampilkan.
• Secara
non-komersial: Ciptaan yang menerapkan ketentuan ini tidak dapat Anda
gunakan dalam aktivitas komersial.
• Pengingat: Jangan
lupa untuk menerapkan Atribusi yang sesuai pada setiap penggunaan gambar.
Atribusi merupakan kewajiban pengguna gambar untuk memenuhi hak moral pencipta
gambar. Yaitu kewajiban untuk menyebutkan nama, sumber, dan ketentuan lisensi
atau “Hak Penggunaan” yang diterapkan pada gambar. Ketentuan ini berlaku pada
setiap jenis “Hak Penggunaan” gambar, dan berlaku tanpa batas waktu.
1. Akses digital (digtal acces)
• Setiap
manusia sudah seharunya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas
informasi teknologi. Namun kemudian, setiap pengguna teknologi informasi dan
komunikasi harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kesempatan yang
sama dalam memanfaatkan teknologi informasi, Belajar menghargai hak setiap
individu untuk mengakses teknologi informasi, serta sama sama mendukung untuk
mencapai kesamaan hak dan ketersediaan fasilitas teknologi informasi adalah dasar
dari kewargaan digital.
2. Transaksi
digital
•
Warga digital harus menyadari proses
jual beli tsudah dilaksanakan secara online. Berbagai situs jual-beli online
lokal dapat dengan mudah diakses oleh penjual dan pembeli, seperti blibli.com,
tokopedia.com, kaskus.co.id, berniaga.com, dan berbagai toko online
lainnya.Dalam jual beli online, penjual dan pembeli perlu menyadari resiko dan
keuntungan yang didapat dari jual beli online, mulai dari resiko penipuan,
tidak sesuainya barang yang dikirim, lamanya pengiriman barang, hingga
legalitas barang yang diperjual belikan. Warga digital harus mengetahui
bagaimana menjadi pembeli maupun penjual online yang baik.
3. Komunikasi
digital
•
Dalam lingkungan pendidikan, akademis,
atau lingkungan kerja dan masyarakat awam nantinya, komunikasi adalah kewajiban
yang wajib dilakukan setiap individu agar dapat bertukar informasi dan gagasan.
Komunikasi mampu dilakukan baik itu satu arah, dua arah, antar pribadi ataupun
komunikasi dalam forum.Perkembangan teknologi digital sudah mengubah sikap
manusia pada saat berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi digital telah ada,
seperti penggunaan email, sms, chatting, forum dll.Simak lebih lanjut di
Brainly.co.id -
4. Literasi
digital
•
Dunia pendidikan sudah mencoba untuk
mengabungkan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa
bisa menggunakan teknologi digital untuk mencari informasi dan bertukar
informasi. Namun faktanya, teknologi yang dipakai dalam dunia kerja agak
berbeda dengan yang teknologi yang ada di sekolah.
5. Digital hukum
•
Hukum digital mengatur etiket penggunaan
teknologi informasi dalam lapisan masyarakat. pengguna digital harus menyadari
bahwa mencuri data ataupun merusak data maupun properti orang lain merupakan
perbuatan yang melanggar hukum. Contoh perbuatan yang melanggar hukum
antara lain: meretas informasi atau website, mendownload musik ilegal,
plagiarisme/penjiplakan, membuat virus, mengirimkan email spam, ataupun mencuri
biodata orang lain.
•
Aspek hak cipta
•
Aspek merek dagang
•
Aspek fitnah dan pencemaran nama baik
•
Aspek privasi
•
spek yurisdiksi dalam ruang siber
6. Hak digital
•
Sama seperti perlindungan hak asasi di
dunia nyata, semua warga digital juga mempunyai perlindungan hak di dunia
digital. Setiap warga digital memiliki hak atas privasi, kebebasan berbicara,
dll. Hak tersebut sudah semestinya dipahami oleh semua warga digital.Dengan
adanya hak tersebut, maka warga digital juga mempunyai beberapa kewajiban yang
harus dipenuhi. Warga digital dianjurkan membantu pemanfaatan teknologi informasi
secara tepat dan benar, mengikuti tata krama yang ada, baik yang tersirat
maupun tersurat. Contohnya adalah: tidak melakukan pembajakan konten, lekakukan
kopas, tidak menyebarkan informasi palsu (hoax), tidak memancing emosi pengguna
lainnya, tidak menyebarkan kata-kata berbau sara, dll.
7. Digital etika
•
Seringkali pengguna Teknologi Digital
tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan
produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Etiket Digital
dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lainnya.
Namun peraturan saja tidak cukup. Seringkali para pengguna tidak mengetahui
aturan tersebut, ataupun malas membaca peraturan. Kita juga harus mengajarkan
setiap pengguna Teknologi Digital untuk bertanggungjawab dalam pemanfaatan
teknologi.
8. Kesehatan
digital
•
Di balik manfaat teknologi digital,
ternyata ada juga beberapa ancaman kesehatan yang perlu diperhatikan oleh warga
digital, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan.
Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga ikut terancam jika warga
digital tidak mengatur penggunaan teknologi digital.
9. Keamanan
digital
•
Dalam setiap komunitas terdapat individu
yang mencuri karya, merusak, ataupun mengganggu individu lainnya. Meskipun
tidak boleh berburuk sangka, kita tidak dapat mempercayai seseorang begitu
saja, karena hal tersebut akan beresiko terhadap keamanan kita. Hal ini berlaku
juga dalam Dunia Digital, seperti membackup data, dan menjaga data sensitif
seperti username dan password, dan lain-lain. Sebagai Warga Digital, kita harus
berhati-hati dan menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
Komponen
kewargaan digital
•
Digital acces
(Akses Digital)
•
Digital
commerce (transaksi digital)
•
Digital comunication
(komunikasi digital)
•
Digital
literacy (literacy digital)
•
Digital law
(digital hukum)
•
Digital rights
& responsibility (hak berpendapat)
•
Digital
etiquette (digital etika)
•
Digital health
& wellness (kesehatan digital)
•
Digital
security (keamanan digital)
KOMUNIKASI DARING
Pengertian
Komunikasi
Komunikasi
dapat diartikan sebagai penyampaian atau penerimaan pesan antara satu pihak ke
pihak lain baik secara individu maupun kelompok agar pesan dapat dipahami.
Apabila pesan tidak dimengereti oleh pihak penerima pesan, maka dapat dikatakan
bahwa komunikasi itu belum terjadi.
Terdapat
beberapa istiah penting dalam komunikasi yang harus dipahami, yaitu:
Komunikator
: orang yang menyampaikan pesan
Komunikan
: orang yang menerima pesan
Pesan
:
hal yang disampaikan
Media
: sarana untuk menyampaikan pesan
Pengertian Komunikasi Daring
Komunikasi
daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan
Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Komunikasi virtual pada
abad ini dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja.
Sejarah
komunikasi daring
Komunikasi
daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika
mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau
pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996).
Protokol
tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian
berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected
networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet. Munculnya
world wide web pada tahun 1990-an membuka ruang komunikasi daring yang
lebih luas kepada pengguna internet.
Contoh Komunikasi During
1.) WhatsApp
2.) Telegram
3.) Facebook
4.) Instagram
5.)
Friendster
JENIS
KOMUNIKASI DARING
- SINKRON
- ASINKRON
1.
Pengertian
Sinkron
Komunikasi
daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan
perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi
dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real
time).
Contoh :
Messengger, whatsapp, telegram
2.
Pengertian
Asinkron
Komunikasi
daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh
e-mail, forum,blog, rekaman simulasi visual, serta membaca dan
menulis dokumen daring
melalui World Wide Web.
Komponen Komunikasi Daring
1.) Hardware
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun
diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata.
2.) Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan
suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara
perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware).
3.) Brainware
Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia)
yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat
keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
4.) Internet
Meskipun terdapat perangkat digital yang
berspesifikasi tinggi, namun jaringan
internet sangat berpengaruh dalam komunikasi daring.
Kelebihan Komunikasi Daring
1. Efisiensi
Biaya
2. Efisiensi
Waktu
3. Terintegrasi
TIK
4. Komunikasi
meningkat
5. Meningkatnya
Komunikasi
Diatas merupakan beberapa kelebihan dari komunikasi
daring, sebenarnya masih banyak yang lain.
Kelemahan Komunikasi Daring
1. Membutuhkan
Perangkat Khusus
Dalam pelaksaannya, komunikasi membutuhkan adanya
software dan hardware.
2. Tidak
mewakili emosi pengguna
Gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, merupakan
hal yang relatif sulit untuk dipahami.
3. Banyak
informasi yang tidak penting
Seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu
banyak dan membuat bingung si penerima.
4. Menyita
Konsentrasi
Melakukan komunikasi dalam jaringan tidak pada
tempat pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal
yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
Manfaat Komunikasi Daring
1. Sebagai sarana Komunikasi.
2. Sebagai sarana E-Commerce atau perdagangan online.
3. Sebagai sarana E-Learning.
4. Sebagai sarana E-Banking.
5. Sebagai Sarana Riset.
6. Mempermudah peserta didik dan guru dalam
berinteraksi dan berkomunikasi.
7. Akses ke informasi yang berada di tempat yang jauh.
8. Media hiburan interaktif.
Nama-nama penemu
contoh komdar sinkron
5. Raymond Samuel Tomlinson
6.
Evan
Williams
Terimakasih
JJSemoga BermanfaatJJ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar